Minggu, 06 Mei 2018

Perkembangan Teknologi Dalam Pendidikan

Perkembangan Teknologi Dalam Pendidikan

Dosen Pengampu : Fince Tinus Waruwu,M.Kom


Teknologi Informasi dan Komunikasi seakan telah mendarah daging didalam diri setiap manusia di era ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah menglobal mampu mencakupi segala aspek yang ada dalam kehidupan. Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dalam bidang pendidikan, TIK banyak memiliki peranan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalihfungsian buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi informasi sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun, TIK juga memiliki banyak kekurangan. TIK tidak hanya memberikan dapak positif, namun juga memiliki dampak negative terhadap kehidupan, salah satunya yang menonjol adalah di bidang pendidikan.



Pekembangan Teknologi dalam Dunia Pendidikan
            Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi ada beberapa pergeseran proses pembelajaran, yaitu:
Dari ruang kelas ke dimana dan kapan saja
Dari kertas ke on line atau saluran
Dari faslitas fisik ke fasilitas jaringan kerja
Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan menggunakan media-media komunikasi seperti telephone, computer, internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi siswa  dan guru tidak hanya dilakukan melalui tatap muka tetapi dilakukan juga menggunakan media-media tersebut.

Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan menggunakan istilah lain yang popular saat ini adalah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi yaitu internet.
Menurut Rosenberg (2001), e-learning merupakan satu penggunakan teknologi intenet dalam penyampaian pembelajaran secara luas yang berdasarkan tiga kriteria:
1.E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi, dan membagi materi ajar.
2.Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui computer dengan menggunakan teknologi internet yang standar.
3.Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran dibalik paradigma pembelajaran tradisional.
Sejalan dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, pengertian e-learning menjadi lebih luas yaitu pembelajaran yang pelaksanaannya didukung oleh jasa teknologi seperti telephone, audio, videotape, transmisi satelit atau computer.
Saat ini e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran berbasis TIK seperti: CBT (Computer Based Learning), CBI (Computer Based Instriction), Distance Learning, Distance Education, CLE (Cybernetic Learning Environment), Dekstop Videoconferencing, ILS (Integrated Learning System), LCC (Learner-Cemterted Classroom), Teleconferencing, WBT (Web-Based Training).
Untuk dapat memanfaatkan TIK dalam memperbaiki mutu pembelajaran, ada tiga hal yang harus diwujudkan yaitu:
Siswa dan guru harus memiliki akses kepada teknologi digital dan internet dalam kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan guru.
Harus tersedia materi yang berkualitas, bermakna, dan dukungan kultural bagi siswa dan guru.
Guru harus memliki pengetahuan dalam menggunakan alat-alat dan sumber-sumber digital untuk membantu para siswa agar siswa mencapai standar akademik.

Sumber  : http://emianifah.blogspot.co.id/p/makalah_89.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar